Ini Dia Dampak Negatif Bermain Game Online Bagi Anak

Ru22 Meskipun game online ini memiliki kelebihan dapat mengurangi rasa stres, tetapi banyak sekali dampak negatif yang belum kamu sadari. Dan sebagai orang tua, kamu harus bisa membatasi anak mu bermain game. Untuk itu di bawah ini beberapa dampak negatif yang harus kamu ketahui :

Ini Dia Dampak Negatif Bermain Game Online Bagi Anak!

  • Kurangnya Mengontrol Waktu

Ketergantungan saat bermain game online akan membuat kontrol terhadap waktu yang telah kamu lakukan semakin buruk. Awalnya kamu akan berencana untuk dapat menghabiskan waktu satu jam saja untuk bermain, akan tetapi karena terlalu asik kamu sampai lupa waktu. Hal ini yang akan berpengaruh pada tugas-tugas yang dapat kamu selesaikan. Seperti pekerjaan, kebersihan rumah, maupun kegiatan untuk bersosialisasi dengan teman ataupun anggota keluarga yang menjadi terlupakan.

  • Mengabaikan Lingkungan Sekitarnya

Kebiasaan kamu saat menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memainkan game online dapat mengubah sikap kamu terhadap diri sendiri serta lingkungan sekitar. Bermain game online sepanjang hari akan dapat membuat kamu lupa untuk menjaga kebersihan kamu, seperti mandi, menjaga kebersihan ruangan yang akan kamu tempati, dan sinar matahari dan sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan kamu menjadi terhambat.

Lalu tidak teraturnya pola makan, serta terlalu banyak mengonsumsi snack atau makanan ringan yang bersodium tinggi, dan minuman manis. Hal itu merupakan kebiasaan baru setelah kamu mengalami ketergantungan pada game online.

  • Berperilaku Lebih Agresif dan Tindakan Premanisme

Perilaku agresif adalah salah satu perilaku yang cenderung selalu muncul pada diri orang-orang yang telah memainkan game online. Permainan yang telah menggunakan prinsip online atau berkaitan dengan internet ini biasanya akan memicu para pemainnya untuk dapat melakukan tindakan yang agresif ketika mengetahui koneksi internet yang tiba-tiba menurun ataupun hilang. Perkataan yang kasar pun sering keluar akibat kekesalan pasca kekalahan.

Permainan seperti perkelahian akan memicu perlakuan kasar yang akan kamu lakukan sehari-hari. Menyamakan dunia nyata dengan sebuah dunia permainan, hal ini akan meningkatkan sebuah tindakan premanisme.

  • Terjadinya Penyalahgunaan Uang

Saat melakukan pembaharuan terhadap perangkat komputer yang kamu miliki merupakan suatu tugas wajib yang dilakukan para pemain game online. Pembaharuan perangkat komputer iini merupakan bukan suatu hal yang murah untuk dapat dilakukan, apalagi jika kamu masih berstatus pelajar dan belum memiliki sebuah penghasilan. Uang yang diberikan oleh orangtua pun, biasanya akan kamu gunakan untuk melakukan sebuah pembaharuan perangkat komputer demi mendukung hobi kamu.

Akibatnya tanggungan uang yang harusnya kamu gunakan untuk hal yang lain, jadi terpakai untuk keperluan yang sangat tidak terlalu penting. Penyalahgunaan uang ini digunakan untuk melakukan pembaharuan perangkat komputer demi kesenangan kamu saat sedang bermain, hal tersebut akan berdampak buruk bagi diri kamu sendiri. Kamu akan berbohong demi menutupi sebuah kesalahan yang telah kamu perbuat. Dan kamu akan terdorong untuk dapat melakukan tindakan negatif seperti mencuri ataupun memalak teman, hanya untuk membayar tanggungan uang yang harusnya kamu bayarkan sebelumnya.

  • Produktivitas Yang Menurun

Apabila kamu masih berstatus pelajar, hal ini sangat patut untuk diwaspadai. Nilai akademik sekolah yang menurun akan dapat menjadi salah satu dampak negatif game online yang telah kamu rasakan. Rasa lelah yang telah berlebihan akibat terlalu lama saat menghabiskan waktu untuk dapat bermain game online. Hal tersebut dapat menurunkan konsentrasi kamu saat menerima pelajaran di sekolah. Berbeda apabila kamu sudah bekerja, bermain game akan membantu penat kamu saat lelah bekerja.

Kesulitan untuk fokus maupun konsentrasi ini yang menjadi akibat rasa lelah dan kurang istirahat, hal tersebut akan membuat produktivitas kamu menurun. Kinerja yang mulai memburuk akan membuat kamu kehilangan sebuah pekerjaan yang telah miliki.

  • Terisolasi Dari Kehidupan Sosial

Memiliki sebuah kebiasaan bermain game online setiap waktu dapat membuat kamu kehilangan banyak teman maupun perhatian dari anggota keluarga. Ketergantungan tersebut dapat membuat diri kamu menjadi jauh dari lingkungan serta kehidupan nyata di sekitar kamu. Kamu juga akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi, karena dengan memilih memainkan game online setiap waktu di suatu ruangan.

Mungkin saja kamu tetap bersosialisasi dengan tim pemain game online yang kamu miliki, akan tetapi sosialisasi secara virtual. Hal tersebut tidak akan membantu kamu untuk menghindar gangguan interaksi sosial yang akan kamu alami karena kecanduan game online. Untuk itu kamu bisa mengaturnya sendiri, supaya terhindar dari anti sosial.

Demikian penjelasan mengenai beberapa dampak negatif dari bermain game online ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu serta para orang tua agar semakin mengurangi anak untuk bermain game. Ingat, kurangi bermain game mulai dari sekarang.